Perjanjian Roem Royen

Perjanjian Roem Royen - Hallo sahabat Materi Sejarah Indonesia Dan Dunia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Perjanjian Roem Royen, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Perjanjian, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Perjanjian Roem Royen
link : Perjanjian Roem Royen

Baca juga


Perjanjian Roem Royen

Perjanjian Roem Royen adalah perjanjian antara Indonesia dan Belanda pada 14 April 1949 yang membahas tentang penyelesaian permasalahan antara kedua negara sebelum konferensi meja bundar di Hotel Des Indes, Jakarta. Perwakiland dari pihak Indonesia adla Mohammad Roem dan dari pihak Belanda adalah Herman van Royen. PBB adalah dalang dibalik berhasilnya perundingan antara Indonesia dan Belanda.

Latar Belakang Perjanjian Roem Royen
Diselenggarakannya perjanjian Roem Royen dilatar belakangi adanya serangan Belanda ke Yogyakarta dan adanya penahanan pemimpin RI, serta mendapat kecaman dari dunia Internasional. Ketika terjadi Agresi Militer Belanda II, Belanda melakukan propaganda bahwa TNI sudah hancur, disinilah Belanda mendapat kecaman dunia Internasional terutama negara Amerika Serikat.

Perjanjian Roem Royem diadakan pada 14 April hingga 7 Mei 1948 dengan perwakilan pihak Indonesia adalah Moh. Roem serta beberapa anggota seperti Ali Sastro Amijoyo, Dr. Leimena, Ir. Juanda, Pro. Supomo serta Latuharhary. Sedangkan dari pihak Belanda yaitu Dr.J.H. Van Royen dengan anggotanya Blom, Jacob, dr. Van, dr. Gede, Dr.P.J.Koets, Van Hoogstratendan serta Dr. Gieben.

Agresi Militer Belanda II yang dilancarkan Belanda terhadap Indonesia dikecam oleh Amerika Serikat, Inggris dan Dewan PBB sehingga PBB mengeluarkan kewenangan KTN. Sejak itulah KTN berubah menjadi UNCI (United Nations Commission for Indonesia). UNCI diketuai oleh Merle Cochran dari Amerika Serikat dan dibantu oleh Critchley dari Australia dan Harremans dari Belgia.

Pada 23 Maret 1949 pihak DK-PBB memerintahkan UNCI untuk membantu melakukan perundingan antara pihak Republik Indonesia dengan Belanda. Pada 17 April 1949 perundingan Roem Royem di mulaidi Jakarta. UNCI menjadi penengah dalam perundingan ini yang diketuai pihak UNCI oleh Merle Cochran dari Amerika.

Pada perundingan selanjutnya, Indonesia diperkuat dengan hadirnya Drs. Moh. Hatta serta Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Pada 7 Mei 1949 perjanjian Roem Royen ditandatangani dengan nama perjanjian meyesuaikan kedua ketua delegasi yaitu Mohammad Roem dan Herman van Royen di Hotel Indes, Jakarta.

Perundingan sangat alot dan perlunya menghadirkan Drs. Moh. Hatta dari pengasingan di Bangka dan juga Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Adanya Sri Sultan Hamengkubuwono IX mempertegas adanya Republik Indonesia di Yogyakarta.

Isi Perjanjian Roem Royen
  1. Tentara bersenjata Republik Indonesia harus menghentikan aktivitas gerilya
  2. Pemerintah Indonesia harus turut serta dalam Konferensi Meja Bundar (KMB)
  3. Kembalinya pemerintahan Republik Indonesia ke Yogyakarta
  4. Tentara bersenjata Belanda harus menghentikan operasi militer dan pembebasan semua tahanan politik
  5. Kedaulatan RI diserahkan secara utuh tanpa syarat
  6. Dengan menyetujui adanya Republik Indonesia yang bagian dari Republik Indonesia Serikat
  7. Belanda memberikan hak, kekuasaan serta kewajiban kepada pihak Indoneisa
 Dampak adanya penjanjian ini adalah kembalinya Presiden Soekarno dan Hatta ke Yogyakarta setelah diasingkan, Yogyakarta menjadi ibukota sementara Republik Indonesia.


Demikianlah Artikel Perjanjian Roem Royen

Sekianlah artikel Perjanjian Roem Royen kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Perjanjian Roem Royen dengan alamat link http://materisejarahkita.blogspot.com/2016/10/perjanjian-roem-royen.html

0 Response to "Perjanjian Roem Royen"

Posting Komentar